EGO dan NURANI


Berbagi pengalaman spiritual :

Menuruti ego membuat kita mendapat KENIKMATAN SESAAT dan PENDERITAAN JANGKA PANJANG.
Menuruti nurani membuat kita mendapat KENIKMATAN JANGKA PANJANG dan PENDERITAAN SESAAT.

Contoh pengalaman pribadi saya "antara EGO vs NURANI" : 

Sedih adalah juga emosi. Ketika sesuatu atau seseorang yang kita sayangi hilang, maka timbullah kesedihan. Kesedihan ini bisa berkepanjangan atau cepat berlalu. 
Apa yang jadi sebab? Sedih berkepanjangan disebabkan ego yang menguasai diri. Sedih yang cepat berlalu disebabkan nurani yang mengendalikan. Misalnya anda ditinggal kekasih yang sangat anda cintai. 
Ego anda akan mendorong anda untuk berpikir: “Dia tidak seharusnya melakukan itu. Saya kan mencintainya. Kenapa ia meninggalkan saya? Saya sudah begitu baik padanya. Saya tidak terima diperlakukan seperti ini.” 
Nah, semua pikiran itu membuat kesedihan anda makin memuncak. Bila sudah begini, maka sedih akan berubah menjadi benci bahkan dendam. 
Benci bertolak belakang dengan cinta. Dendam adalah lawan kedamaian. Dengan benci dan dendam anda bisa melakuan hal-hal yang buruk pada orang yang tadinya anda cintai.

Apa yang terjadi bila nurani yang anda turuti? Maka nurani akan berbisik: “Saya mencintainya. Ia meninggalkan saya, berarti itu yang terbaik untuknya menurut dirinya. Saya tahu apa yang terbaik untuk saya, menurut saya sendiri. Saya akan menerima kejadian ini. Saya belajar banyak. Saya akan melakukan yang terbaik untuknya” 
Nah, sedih itu justru mendorong anda untuk menerima kejadian itu. Bahkan memaafkan. Baik memaafkan kekasih anda, atau memaafkan diri anda sendiri. 
Tak ada benci. Tak ada dendam. Anda pun bisa melanjutkan hidup dengan damai. Kesedihan anda sangat cepat berlalu. Bukan tidak mungkin, anda akan berterima kasih pada kekasih anda atas segala kebaikannya meskipun sekarang ia telah meninggalkan anda. 
Wow,… itulah hebatnya nurani.

CWN
HCSTI INDONESIA


"HCST, cysers, Honda CS1, Casey, CS1 modif, CS1 supermoto, CS1 Motard, upsidedown, Turing, Touring, City Sport, Honda, chapter, tangerang, club motor"

No comments:

Post a Comment